Kamis, 28 Agustus 2008

Marhaban Ya Ramadhan



Marhaban Ya Ramadhan,Ramadhan sebentar lagi akan menjenguk kita,Bulan yang penuh Rahmat,Ampunan&berkah bagi umat Muhammad,siapkah kita menyambutnya?



Dalam sebuah hadist riwayat Ibnu Abbas RA,Rasulullah SAW bercerita dengan kata-kata indah: "Setiap kali masuk bulan Ramadhan,surga ditata dan dihias.Pada malam pertama Ramadhan,angin Al-Mutsirah bertiup dari bawah Arasy menggoyang dedaunan dan pintu-pintu surga,hingga terdengar suara para bidadari dari jendela-jendela tingkat atas.



Mereka bertanya kepada malaikat Ridwan(penjaga surga),"Siapakah yang akan melamar kepada Allah untuk dinikahkan dengan seseorang diantara kami?Gerangan malam apakah ini?".



Jawab Ridwan,'Wahai para bidadari nan cantik,ini adalah malam pertama bulan Ramadhan.'



Lalu Allah berfirman,'Ya Ridwan,bukalah pintu-pintu surga untuk umat Muhammad yang berpuasa.'Dan kepada malaikat Malik(penjaga neraka),'Ya Malik,tutuplah pintu-pintu neraka Jahim dari umat Muhammad yang berpuasa.'Kemudian firman-Nya kepada Malaikat Jibril,'Ya Jibril,turunlah ke bumi,rantailah segenap setan dan buanglah ke laut,agar tidak menganggu puasa umat Muhammad.'



Setiap malam Ramadhan,Allah berseru 3 kali,'Siapa yang memohon,Aku kabulkan permohonannya.Siapa yang bertaubat,Aku terima taubatnya.Siapa yang memohon ampun,Aku ampuni.'Allah juga berseru, '(Ayo) siapa saja menabung (pahala) kepada (Allah) yang Maha Kaya dan Maha Menepati Janji.



Setiap hari selama Ramadhan,Allah memerdekan sejuta ahli neraka.Setiap jam di hari dan malam Jum'at,Allah memerdekakan sejuta oran dari api neraka.Dan pada akhir Ramadhan Allah memerdekakan orang dari api neraka sebanyak yang dimerdekakan di hari pertama hingga akhir Ramadhan.



Dan di malam Qadar,Allah memerintahkan Jibril dan serombongan malaikat turun ke bumi meletakkan panji-panji hijau di atas Ka'bah,lalu menghamparkan dua dari 600 sayapnya di malam Qadar hingga meliputi ujung timur hingga ujung barat.



Lalu Jibril mengutus malaikat tuk menyalami umat Muhammad yang berdiri atau duduk dalam sholat atau berdzikir ,menjabat tangan mereka,mengamini doa mereka hingga terbit fajar.



Ketika itulah Allah melihat mereka dengan pandangan rahmat dan ampunan-kecuali kepada para pemabuk,pendurhaka terhadap orang tua,pemutus silaturahim,dan mereka yang mendiamkan saudaranya lebih dari 3 hari.

Tidak ada komentar: